Headlines News :
Home » » Tahun 2013, Soal Unas Dibuat 10 Paket

Tahun 2013, Soal Unas Dibuat 10 Paket

Written By admin on Sabtu, 05 Mei 2012 | 08.49

 JAKARTA - Pelaksanaan ujian nasional (Unas) 2012 belum selesai. Tapi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menyiapkan kebijakan baru untuk pelaksanaan ujian tahun depan.

Salah satunya dengan menambah jumlah paket soal menjadi 10. Saat ini, ada 5 paket soal yang disiapkan untuk siswa. Langkah tersebut untuk meminimalisir kecurangan dan mengejar ketertinggalan kualitas pendidikan Indonesia.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang) Khairil Anwar Notodiputro mengatakan, penambahan paket soal adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu dan mengejar ketertinggalan kualitas pendidikan dari negara tentangga. Namun, tingkat kesulitas soal tetap disesuaikan dengan standar masingi-masing jenjang pendidikan.

"Kita harus membandingkan dengan negara lain, agar tidak semakin tertinggal. Semakin tahun, siswa harus dituntut memiliki kemampuan yang lebih tinggi sehingga mampu menyelesaikan Unas yang kesulitannya semakin tinggi pula," ungkap Kharil di Jakarta, kemarin (18/4).

Menurutnya, penambahan paket soal juga sudah pernah diungkapkan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Alasannya, selain untuk meningkatkan mutu juga untuk menekan praktik kecurangan dalam pelaksanaan ujian.

Tidak hanya itu, kata Khairil, percetakan juga akan diperbaiki. Beberapa percetakan yang kurang akan diberikan teguran. Hal tersebut dibuat untuk menentukan percetakan berikutnya. Saat ini ada 4 daerah mencetak naskah, yaitu Surabaya, Kudus, Semarang, dan Riau.

Khairil menegaskan, data peserta Unas yang dibuat Kemendikbud sudah akuran. Sejak dikumpulkan, sudah dilakukan verifikasi sebanyak 3 kali hingga Februari. Kemudian, Februari data diberikan ke percetakan. Setelah selesai mencetak pun, akan verifikasi ulang. Contohnya percetakan di Surabaya data dicek selama 1 bulan.

Sementara itu, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Aman Wirakartakusumah mengatakan, masyarakat jangan terlalu khawatir dengan rencana pemerintah menambah jumlah paket dan tingkat kesulitan pada soal Unas tahun depan. Pasalnya, semua akan dilakukan sesuai dengan pedoman yang berlaku, dan semua siswa akan dibiasakan dengan soal-soal tertentu dalam bentuk kisi-kisi soal ujian.

"Kalau bisa mengerjakan kisi-kisi, mestinya masyarakat tak perlu khawatir. Bayangkan, Malaysia itu standar kelulusannya 7, sedangkan kita masih 5,5. Maka kita harus menaikkan nilai tukar pendidikan kita," tegasnya. (cdl)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Bangdany
Copyright © 2011. MTs. Sa'adatuddarain - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template